Sunday, February 27, 2011

Mengingat Masa kecil di kecamatan Kota Bangun

Desa dimana aku dibesarkan dan menuntun ilmu hinggi Sekolah Lanjutan tingkat Pertama ini merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.Sebagian wilayah kecamatan Kota Bangun dibelah oleh Sungai Mahakam dan Sungai Belayan serta terletak di tepi Danau Semayang dan Danau Melintang.

Kota Bangun merupakan salah satu permukiman tertua di Kabupaten Kutai Kertanegara, selain itu juga ada daerah Kutai (Kutai Lama), nama kedua daerah ini sudah ada disebut di dalam Hikayat Banjar yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun 1663.

Oke sob’ kalo kita  bahas soal sejarah emang ga ada habisnya lain dengan bicara dengan Rupiah..hehehehehee…..

Kecamatan kota bangun di lintasi oleh sungai Mahakam..inget dulu waktu masih berusia  kira – kira 3 tahun waktu mau menuju ke kabupaten kutai kartanegara. Waktu masih susah – susahnya lewat perjalanan darat, jadi kita hanya naik kapal yang melewati sungai Mahakam. Jarak perjalanan nya lumayan jauh, berangkat pagi dan sampai sore. Beda jauh dengan kondisi sekarang yang hanya bias di tempuh 3 jam lewat perjalanan darat.

Perkembangan di kecamatan ini memang cukup pesat,walau demikian kecamatan ini tidak pernah luput dari yang namanya banjir.

Nah ini  adalah foto jembatan kayu yang menghubungkan Rimba Ayu dan Kota bangun.Memang ada kepuasan sendiri bila kita menaiki jembatan ini.


Rasa was – was yang kita rasakan pasti ada karna di samping kita langsung dengan sungai Mahakam dan tanpa di batasi dengan pagar apapun. Pengalaman yang tak terlupakan melewati jembatan ini saat ramai – ramai bersama teman – teman waktu pulang sekolah.

Sebut saja Rini yang mengendarai motor, dia terjebur ke sungai Mahakam,untung saja dia masih selamat walaupun Cuma lecet pada kaki dan tangannya yang terbentur kayu jembatan,dan motornya pun masih bisa di selamatkan, .. Mudahan saja Rini baca cerita ini.


Oke sob, sekian aza cerita tentang kota bangun,yang punya juga pengalaman tentang kota bangun silahkan isi comment di bawah ini..


 

2 Comments:

  1. Aku gan, masih tk diajak ibuku yg kerja di disana sebagai fasilitator pnpm. Pas waktu itu kalau blusukan bisa sampe malem, jalanan becek. Terus kalo ortu laporan ke tenggarong biasanya naik bis sih :) keinget banget emang jembatan itu :) rindu pengen kesana lagiiii

    ReplyDelete

Silahkan Isi Komentar anda. bagi anda yang tidak mempunyai Account google, Anda bisa menggunakan [Anonymous] atau [Name/URL].